Translate

April 29, 2013

Hakim Dengan Gaji Tinggi Apakah Mampu Berbuat Adil



Dengan gaji yang cukup tinggi melebihi dari gaji seorang Pegawai Negeri (PN). Apakah seorang hakim akan mampu berbuat adil terhadap para pencari keadilan.
Jawaban : Tentu saja tidak, karena gaji tinggi bukanlah merupakan jaminan untuk seorang hakim memutuskan suatu perkara dengan cara adil. 
Karena profesi hakim
merupakan profesi yang sangat berat untuk ditanggung akibatnya di akhirat nanti, meskipun terlihat enteng di dunia ini. 
Itu disebabkan karena jika seorang hakim sedang menyelesaikan suatu perkara, Dan ketika itu ada para pihak yang melakukan penyuapan agar kasusnya dapat dimenangkan oleh hakim tersebut, maka biasanya jika hakim yang “tidak benar” (dalam tanda kutip) akan memenangkan salah satu pihak yang membayar lebih mahal.
Sama halnya jika seorang hakim yang sedang menyelesaikan suatu perkara, lalu salah satu pihak atau  bahkan kedua belah pihak (yang sedang berperkara) kemudian mengancam akan membunuh hakim tersebut atau bahkan salah satu anggota keluarga hakim tersebut,  maka biasanya soerang hakim yang sekali lagi “tidak benar” akan lebih mementingkan diri untuk menyelamatkan keluarganya ketimbang menyelamatkan keadilan.
Dengan kata lain, seorang hakim yang dalam keadaan terpaksa (melihat harta benda dan diancam) akan memutuskan suatu perkara berdasarkan keadaan, dan bukanlah berdasarkan keyakinan atau keadilan semata.
Sumber : Jawaban saya dari soal mid semester nomer 4 mata kuliah Etika Dan Tanggungjawab Profesi (Senin,29 April 2013)

Sumber Gambar :  kreditqoqo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan tanda bahwa anda pernah di sini !